Meningkatkan Pageviews dengan Matched Content Adsense

Hasil gambar untuk Matched Content
Beberapa waktu yang lalu, seorang pengunjung bertanya tentang fitur matched content dari Adsense yang terpasang di blog ini. Walau pertanyaannya tidak langsung menyebut subjek, namun arahnya ke matched content tersebut.

Si penanya tidak tahu nama fitur tersebut sehingga bertanya bagaimana caranya memasang fitur yang ada tulisan Powered Google diatas kolom komentar. Saat itu, saya hanya menjawab sekenanya saja, "itu pemberian Google".

Karena masih banyak yang belum tahu soal fitur itu. Maka, kali ini, saya akan membahas fitur ajaib tersebut. Saya sebut ajaib, karena secara tidak langsung akan membantu pemilik blog untuk meningkatkan pageviewsnya.

Tapi sebelum jauh melangkah, kita mulai dulu dengan membedah apa itu matched content?

Matched content kalau diartikan dalam bahasa Indonesia artinya konten yang tersesuai. Biasanya dikalangan blogger, fitur ini disebut related post, atau post yang ditambahkan diakhir postingan yang punya kaitan dengan postingan tersebut.

Contohnya bisa dilihat diakhir postingan ini, atau gambar berikut ini:


Bedanya, matched content yang kita bahas dalam hal ini diberikan langsung oleh Google Adsense. Sehingga, tampilannya lumayan keren dan segala sesuatunya diatur sama Google. Pemilik blog sisa memasangnya agar muncul disetiap akhir postingan.

Sayangnya, tidak semua orang bisa memasang matched content ini. Syarat spesifik yang diberikan sama Google Adsense juga tidak ada, sehingga banyak yang bertanya-tanya, bagaimana fitur tersebut bisa didapatkan.

Saya sendiri awalnya tidak menyangka, fitur tersebut sudah lama tersedia di blog ini. Baru di awal tahun 2016, fitur tersebut saya sematkan untuk menambah khasanah blog ini.

Fitur yang masih bersifat beta ini diperkenalkan Adsense sejak pertengahan 2015 silam. Dari laman bantuan Google, hanya sedikit informasi yang bisa diperoleh soal keberadaan fitur tersebut.

Namun, intinya fitur ini hanya diberikan Google kepada blog yang minimum trafiknya melampaui persyaratan Google. Soal berapa trafik yang dimaksud juga tidak ada, tapi yakinlah, itu harus cukup tinggi. Kalau mau dirata-ratakan, minimal 2.000 hingga 5.000 visitor perhari.

Selain syarat trafik, konten yang tersedia dalam blog tersebut juga mestinya unik. Jika semua itu terpenuhi, maka kemungkinan besar fitur ini akan menjadi hadiah dari Google. Tapi ingat, fitur ini hanya untuk yang punya akun Google Adsense.

Cara Memasang Matched Content Adsense di Blog

Untuk memasang matched content di blog, tentu blog Anda harus terlebih dahulu disetujui oleh Google untuk pemasangan ini. Salah satu cara mengetahui apakah blog kita bisa dipasangi matched content tersebut dengan melihat di ad units Adsense Anda.

Kalau bentuknya sudah seperti gambar berikut ini, artinya matched content sudah tersedia di akun Anda. Fitur ini bisa digunakan. Tapi, jangan dipikir, fitur tersebut akan bebas digunakan di semua blog Anda miliki (kalau punya lebih dari satu blog yang dipasangi Adsense).


Untuk mengetahuinya, silahkan masuk ke bagian setting dengan mengklik bagian bergerigi di pojok kanan atas dan pilih Site Management.

Jika tulisannya sudah ready di bagian matched content, itu artinya fitur ini bisa dipasang. Tapi kalau masih bertuliskan Not Eligible, itu artinya belum bisa.


Untuk memasangnya di blog, sama seperti memasang iklan adsense pada umumnya. Dibagian My Ads pilih Ad Units lalu isi nama iklannya dan pilih matched content dibagian Ad Type. Setelah itu, Save and Get Code.

Fungsi Utama Matched Content

Meski dari Google Adsense, jangan berharap akan mendapat earning dari matched content ini. Fitur ini, meski diklik berkali-kali oleh pengunjung tidak akan bernilai uang. Karena fungsi utamanya memang bukan untuk uang, melainkan meningkatkan pageviews suatu blog.

Tapi dari situlah earning akan bertambah. Jika semakin banyak orang mengklik matched content Anda, maka semakin besar kemungkinan menambah pendapatan, karena secara tidak langsung penayangan iklan Anda (RPM) akan bertambah.

Jika RPM Anda bertambah, kemungkinan besar untuk dapat penghasilan tinggi akan tercapai. Hal ini sudah saya buktikan, dimana sejak matched content ini terpasang di Blog, earning perharinya jauh lebih tinggi dari biasanya.

Karena tampilannya yang sederhana dan selalu memunculkan related post yang sesuai, maka fitur ini sangat cocok untuk meningkatkan pageviews. Bentuknya juga responsif untuk semua model divice. Kerenlah...!

Post a Comment

0 Comments