Membuat Toko Online WordPress Dengan WooCommerce

Hasil gambar untuk woocommerce
Jaman sekarang, membangun toko online impian bagi bisnis dan usaha milik kita, sudah semakin dimudahkan.
Apalagi bagi kita yang kurang paham dengan seluk beluk bahasa pemrograman, sangat diuntungkan dengan perkembangan website jaman now yang sudah kian canggih dan user friendly.
Untuk itu, kali ini saya akan sedikit cerita tentang tips cara membuat toko online WordPress menggunakan WooCommerce, yang nantinya bisa kita gunakan untuk berjualan online lengkap dengan fitur keranjang belanja dan tampilan situs yang profesional.
Oia, barangkali Anda hanya menginginkan website toko online yang sederhana, yakni yang tanpa fitur transaksi online (semi toko online), saya juga pernah menulis artikel nya.
Nah, untuk tips kali ini, saya akan mencoba menuliskan bagaimana cara membuat toko online yang diperuntukkan bagi situs full toko online, yakni yang menggunakan fitur transaksi online.
Maksudnya, nanti pengunjung bisa langsung memesan produk yang kita jual melalui halaman website jualan kita.
Untuk tingkat kesulitan, tahapan penginstalan ini bisa dibilang sedang-sedang saja. Yang sulit adalah mendatangkan trafik pengunjung ke situs kita, dan membuat pengunjung tertarik dan beli produk yang kita jual.
Hehehe.. ðŸ™‚
Nah, kira-kira seperti apa langkahnya, dan apa saja yang perlu kita persiapkan?
Silahkan disimak …

#1 – Persiapan

Sebelum memulai, pastikan Anda sudah memiliki akun hosting dengan space yang cukup, dan juga nama domain. Jika belum punya, Anda bisa membelinya disini:
Pastikan juga Anda sudah punya produk yang hendak dijual. Siapkan gambar produk dan deskripsi singkat nya. Ini nanti akan kita upload ke website.
Apabila Anda belum punya produk nya, tidak mengapa. Untuk sementara kita bisa menggunakan konten asal dulu, yang penting Anda tahu langkah-langkah nya.

#2 – Install WordPress

Saya sudah pernah menuliskan langkah-langkah cara menginstall WordPress, dan Anda bisa membacanya disini:

#3 – Install WooCommerce

Untuk penginstalan kali ini, saya menggunakan WooCommerce versi Bahasa Indonesia. Selanjutnya, silahkan Anda buka menu Plugins, dengan cara:
  • Akses: Dasbor >> Plugin >> Tambah Plugin
  • Ketikkan kata kunci “WooCommerce” pada kolom pencarian plugin (ada di sebelah kanan atas)
  • Klik Instal, lalu klik Aktifkan

#4 – Setting WooCommerce

WooCommerce memiliki banyak sekali fitur yang bisa kita manfaatkan untuk membangun toko online profesional.
Tapi karena saking banyaknya fitur itu, kadang kita jadi bingung sendiri cara setting nya. Apalagi bagi pemula, hal ini bisa bikin momok tersendiri.
Ya, karena saya dulu sudah pernah merasakannya ðŸ˜‰
Tapi jangan khawatir, disini kita akan belajar pelan-pelan, yang penting paham maksud dari fitur tersebut dan cara penggunaannya.
Katanya pengen bisa berjualan online?
Katanya pengen punya bisnis online?
Betul…??? ðŸ˜€
Oke, kita lanjut lagi ya.
Nah, berikut ini adalah tips cara setting plugin WooCommerce.

Post a Comment

0 Comments